Kolom Soekam Parwadi

Manis-Segarnya Jeruk DEKOPON Citra

Saat belanja ditoko buah modern, istri saya sempat tertarik dengan buah jeruk yang bentuknya aneh ini. Mirip jeruk Garut sih, ada semacam mahkota kecil didekat tangkai, namun jeruk yang awalnya diimport dari Jepang ini kulitnya lebih kasar.  Namun saat mendekat, istri saya terkaget-kaget dibuatnya, yaitu setelah melihat label harganya. Huh… Rp135rb lebih per kilogramnya..!!!. Maklum, karena biasanya membeli jeruk Medan super  kan hanya sekitar Rp30rb/kg. tetapi harga yang tinggi itu yang membuat semua penasaran.

Karena penasaran, akhirnya dengan sedikit memaksa (saya), jeruk Dekopon pun dibeli, walau hanya sekilo. Sambil pulang, kami semua sudah tidak tahan untuk segera sampai rumah dan bersama-sama menikmati “Jeruk tamu” itu dimeja makan.  Cucu saya Nashira sudah berimajinasi, …”karena kesukaan orang Jepang yang pintar-pintar, tentu jeruknya manis-manis ya”, begitu katanya.

Begitu sampai rumah, kemasan Jeruk Dekopon jadi rebutan dan semua mengarah duduk dimeja makan. Wah pesta buah nih, kataku. Jeruk dikupas dan masing-masing memegang beberapa sisir. Nashira lebih dulu menyantapnya, dan diam, tapi matanya sedikit terpejam. Deny, sikecil biasanya melihat-lihat  dulu baru ikut-ikutan makan.  Dari yang mencicipi jeruk termahal selama ini malam itu, semua berkesan .. “kok asam ya”.  Sudah mahal, ada asamnya lagi, kata Nashira.

Berbicara soal rasa jeruk, persepsi orang Jepang dengan orang Indonesia memang beda. Sebenarnya secara umum, Jeruk sebagai sumber utama vitamin C memang ada rasa asam atau kecutnya. Hanya, jeruk yang dihasilkan didaerah tropis yang full sinar matahari, biasanya rasa asam itu tertutp oleh kadar gula yang tinggi sehingga yang menonjol adalah rasa manisnya. Sekarang sama-sama jeruk Siem atau keprok-siem, jeruk keprok Grabag dari dataran tinggi Ngablak- Magelang rasanya manis plus sedikit asam. Mungkin kalau diwujudkan dalam angka manisnya 85 asamnya 15. Tetapi jeruk Siem dari Jember atau Banyuwangi yang dataran rendah, rasa manisnya sekitar  95 dan asamnya hanya 5. Kalau jeruk Dekopon dari Jepang, atau dari dataran tinggi Indonesia rasa manisnya sekitar 75 dan asamnya 25, sehingga para konsumen lebih berkesan asam dan lupa kalau itu kaya vitamin C.

Memahami selera “lidah Indonesia” yang cenderung suka yang manis-manis itu, Paskomnas Indonesia terus berusaha untuk menyajikan Jeruk Dekopon yang banyak rasa manisnya.  Yang kedua, Paskomnas ingin memberikan harga yang tidak bikin kaget Ibu-ibu. Alhamdulillah, mulai hari ini Paskomnas telah dapat menemukan Jeruk Dekopon yang manis yang diproduksi di Indonesia. Karena banyak manisnya, mungkin sekitar 95 manis dan hanya 5 asamnya, dan untuk membedakan dengan produk Dekopon lain yang masih terasa asamnya, diberilah nama Dekopon Citra. Harganyapun selama masa promosi ini sangat istimewa, jauh dibawah harga yang dibeli istriku tadi. Untuk itu buruan pesan melalui www.paskomnas.com atau  www.carisayur.com . Pesan sekarang, besuk pagi sudah sampai diteras Anda, sehingga nanti siang atau sore, keluarga Anda dapat melakukan “gelar buah Nusantara” dimeja makan.

 

Soekam Parwadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *